Membersihkan penis sejak dini: perlu atau tidak

Seorang pasien lelaki muda berusia 13 tahun datang dengan keluhan nyeri pada penis setiap pagi. Kecurigaan akan kemungkinan penyakit menular seksual tidak dapat dipungkiri, namun pasien menyangkal semua pertanyaan yang mengarah kesana. Dengan sedikit rasa tidak percaya, saya memeriksa alat kelaminnya. Ternyata keluhan nyerinya disebabkan oleh kulup yang melekat erat pada kepala penis dan menimbulkan radang. Selama 13 tahun ia tidak mengetahui bahwa penis yang belum disirkumsisi (disunat) harus dibersihkan sampai kulup terbuka sempurna.

Satu lagi seorang anak lelaki berusia 3 tahun mengeluh nyeri saat berkemih dan saat pemeriksaan tampak ujung penis yang tertutup kulup dan membengkak. Rupanya kulup belum pernah dibersihkan hingga terbuka sempurna.

Jadi perlukah membersihkan penis sejak dini?
Ya, penis yang belum atau sudah disirkumsisi sama-sama harus dijaga kebersihannya, namun penis yang belum disirkumsisi lebih sulit untuk dibersihkan.

image

Mengapa lebih sulit untuk dibersihkan?
Karena penis yang belum disirkumsisi tertutup kulit berlebih yang disebut dengan prepusium/ kulup (gambar A). Pada bayi baru lahir kulup melekat erat menutupi kepala penis.

Mengapa kulup dapat melekat ke kepala penis?
Karena pada penis terdapat kelenjar yang menghasilkan berbagai cairan yang terkumpul dalam celah antara kulup dan kepala penis (cairan smegma). Bila kulup tidak pernah dibuka atau ditarik ke arah badan, smegma dapat mengering dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jadi kapan usia yang tepat untuk memulai membersihkan penis bayi?
Tidak ada usia yang pasti. Pada bayi, kulup masih sulit untuk dibuka. Dalam 1-2 tahun pertama kulup akan menjadi lebih mudah dibuka. Saran saya, biasakan coba membuka kulup sejak berusia 10 bulan, setiap kali sesudah mandi. Jangan dipaksakan.

Bagaimana cara membersihkan kulup?
Saat awal pembersihan, pasti kulup akan merekat erat. Pembersihan harus dilakukan perlahan dan bertahap. Jangan dipaksa. Setelah mandi, baringkan anak, basahi ujung kulup dengan cotton bud dan air hangat sambil ditarik perlahan. Biasanya anak akan merasa tidak nyaman. Bila anak mulai tidak nyaman, hentikan pembersihan, lanjutkan esok hari. Perlahan tapi pasti, kulup akan terbuka sempurna (gambar B).

Pada usia berapa kulup akan terbuka sempurna?
Biasanya terbuka sempurna pada usia 5 tahun. Bila rajin dibersihkan sejak dini, kulup akan lebih cepat terbuka sempurna.

Bila menginjak usia pubertas kulup belum dapat membuka sempurna, konsultasikan ke dokter Anda

Apa bahaya bila kulup tidak pernah dibersihkan?
Penis dapat menjadi bengkak, nyeri saat berkemih, serta infeksi pada saluran kencing.

Apakah anak dapat diajarkan membersihkan penis sendiri?
Ya, malah harus dibiasakan untuk membersihkan sendiri. Saat kita membersihkan penis, biarkan anak melihat. Perlahan-lahan biasakan ia membersihkan penisnya sendiri saat atau setelah mandi. Akan lebih mudah ia bersihkan sendiri bila kulup sudah terbuka sempurna.

Apakah kulup yang sudah terbuka, harus dikembalikan dalam posisi tertutup? Temukan jawabannya disini

dr. Rachel Djuanda, SpKK

15 thoughts on “Membersihkan penis sejak dini: perlu atau tidak

  1. Eka Dahliya May 15, 2016 / 11:27 am

    Hallo dok trmksh info nya berguna sekali. Saya mau tanya, sya pnya anak 10 bulan, saya suka bersihin smegma nya dia dgn cara kulup nya di tarik dan di bersihin pakai tisu yg di basahin air. Yg jadi pertanyaan saya, apakan tiap sehabis bersihin smegma / kulup bayi saya, ujung kulup nya itu jadi merah? Kayak org iritasi,, saya mau pakaikan dia diapers jadi ga tega karena wktu itu pernah setelah di bersihin kulupnya, kulup nya jadi merah dan saya pakai diapers, lalu pas saya buka mau ganti diaper nya kulup nya malah tambah merah sekali. Mohon penjelasannya ya dok trmksh

    Like

    • drracheldjuanda May 15, 2016 / 2:54 pm

      Baiknya jangan pakai tisu krn tisu gampang larut dan tertinggal di kulit. Itu yg bisa bikin iritasi. Pakai cotton bud khusus bayi aja..bahannya lembut dan ga mudah rontok. Kemerahan saat dibersihkan itu biasa kok…asal bayi gak jadi makin rewel, artinya gak masalah. Bersihinnya juga cukup 1x/ minggu. Kalau msh belum bisa dibuka lengkap, dicoba sedikit2 aja…jangan dipaksa. Kalau udah bs dibuka lengkap, udah lebih tenang deh…risiko infeksi berkurang.

      Like

      • Syekh Rasyid October 21, 2016 / 3:59 am

        bayi anak saya saat mau di bersih kan kok malah tegang dok

        Like

      • drracheldjuanda October 21, 2016 / 4:33 am

        Umur brp anaknya Syekh Rasyid? Tegang gapapa. Wajar. Malah lbh mudah ngebukanya.

        Like

  2. Mega November 26, 2016 / 8:47 am

    Dok bayi sy usia 4bulanan, sy bersihkan kulupnya sambil ditarik.. Kulupnya udah bisa terbuka lalu sy bersihkan.. Setelah itu kulupnya jd merah sepertinya iritasi,apa itu bisa sembuh sendiri?atau perlu sy bawa ke dokter spesialis anak y?

    Like

    • drracheldjuanda November 26, 2016 / 9:06 am

      Kalau habis dibersihkan wajar terlihat agak merah karena kan lama tersembunyi di balik kulup. Apalagi tertutup smegma. Yg penting dibersihkannya cepat, kulup langsung ditutup kembali (wajib!). Lalu pastikan tdk ada bengkak pada penis stlh pembersihan. Mudah2an aman ya bu.

      Like

  3. Ryan April 1, 2017 / 5:56 pm

    Dokter maaf saya mau bertanya, usia sekarang sudah menginjak 18 tahun.tetapi mengapa ya kulup bayi saya tidak terbuka sampai sekarang, saat dipaksakan untuk dibuka malah ada rasa perih gitu, mohon pencerahannya dokter. Soalnya saya merasa malu dengan keadaan saya yang sudah menginjak 18tahun tetapi kulup bayi saya masih tidak bisa terbua. Terima kasih dokter!

    Like

  4. lhiestya May 31, 2017 / 11:54 am

    Dok…
    semingguan yg lalu penis anak saya usia 2th merah bengkak…saya periksain setelah itu 3hari sembuh…kempes..
    tapi kok kaya ada putih2 didalem kulitnya…
    saya pegang tidak sakit,anak juga tidak rewel..
    itu apa ya?
    apa harus dg disunat solusinya?
    mending dibawa periksa ke dokter anak ato langsung spkk ?
    makasih

    Like

    • drracheldjuanda May 31, 2017 / 7:17 am

      Coba dikonsulin lagi dalam keadaan tenang. Kadang bisa jadi itu normal aja dan gak perlu diapa2in. Bisa jadi juga setelah disunat tetap ada putih2nya.

      Like

      • lhiestya May 31, 2017 / 10:40 am

        iyaa baik akan segera dikonsulin…
        cuma ya kadang susahnya anak nangis tidak mau masuk ruang periksa…jadi pemeriksaan tidak bisa maksimal…
        sejauh ini kalau dia BAK tidak sakit..biasa saja…BAK juga tidak berwarna pekat tidak terlalu bau juga…

        Like

  5. lhiestya May 31, 2017 / 1:42 pm

    tapi putih2nya itu kaya bisul gitu tapi didalem jadi ga nongol kluar gitu dok…tpi dipegang2 dia gpp

    Like

  6. Naldi February 28, 2018 / 1:57 am

    Dok, mengenai tulisan anda ini “Saat kita membersihkan penis, biarkan anak melihat.”, itu maksudnya saat kita membersihkan penis kita sendiri, biarkan anak kita melihat gitu?

    Btw, membersihakan dengan cotton bud itu sampai masuk kedalam kulup (kebelakang glans penis)? Anak bakalan sakit ngga dok? Anak saya umur 5th, kulup belum pernah coba dibuka, dan saya ingin dia sunat waktu SMP dok, tidak mau sekarang, agar pertumbuhan optimal.

    Like

    • drracheldjuanda March 27, 2018 / 1:00 am

      Halo Naldi. Maksud dari pernyataan itu adalah: saat kita membersihkan PENIS SI ANAK ITU SENDIRI, biarkan si anak melihat proses pembersihannya, apa yang terjadi saat kulup dibuka. Tujuannya agar si anak lebih memahami dirinya sendiri. Cepat atau lambat, harus dibiasakan agar si anak membersihkan kulupnya sendiri setiap mandi.

      Like

    • drracheldjuanda March 27, 2018 / 1:04 am

      Kalau kulup belum pernah dibuka dan dibersihkan sama sekali, pasti sakit. Harus bertahap. Coba dibuka sedikit dengan sedikit. missal hari pertama coba buka hanya terbuka 1 mm. besok coba lagi jadi 2 mm, lama-lama akan terbuka semua. jangan dipaksakan agar anak tidak trauma. jelaskan kalau ini untuk kebersihan, karena kan banyak kotoran dari urin yang menumpuk di dalam kulup tersebut

      Like

Leave a comment