Perang melawan bekas jerawat

Walau terdengar simpel, jerawat bukan masalah yang mudah ditangani. Gak hanya jerawatnya yang mati satu tumbuh seribu, tapi bekas jerawatnya itu loh… Makanya jangan anggap sepele jerawat, terutama bagi lelaki ABG yang suka malu ngobatin jerawat karena identik dengan perawatan “Laki-laki kok perawatan wajah?”

Perlu diingat kalau wajah mulus dioles-oles krim, itu perawatan. Kalau wajah jerawatan dioles-oles krim, itu namanya pengobatan.

Jadi jangan sampai malu atau malas ngobatin jerawat…karena lebih baik mencegah munculnya skar daripada mengobati skar.
Apa yang dimaksud dengan skar?

Skar atau jaringan parut adalah jaringan ikat yang menggantikan kulit normal setelah proses penyembuhan luka selesai. Ada skar yang menimbul dan ada skar yang masuk ke dalam kulit (skar atrofi). Bekas jerawat biasanya berupa skar atrofi.
Mengapa jerawat bisa menimbulkan skar?

Pada jerawat terjadi reaksi radang. Reaksi radang yang hebat dan dalam dapat menyebabkan timbulnya skar.
Apakah semua jerawat menimbulkan skar?

Tidak. Biasanya hanya jerawat yang besar dan peradangannya hebat (banyak nanah, sangat merah, terasa nyeri).

Apa berapa macam skar atrofi akibat jerawat?

Ada 3 macam: (A) Ice pick scars – kecil dan panjang ke dalam seperti tusuk gigi (B) Box scars – bulat dan dalam seperti kotak (C) Rolling scars – dangkal dengan tepi yang landai.

Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat?

Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun tidak ada cara yang instant. Semuanya perlu diulang dan pastinya ada rasa tidak nyaman saat atau setelah tindakan.

Prinsipnya adalah kulit yang tertarik ke bawah oleh jaringan ikat, harus diangkat kembali sampai setinggi permukaan kulit normal disekitarnya.

Beberapa cara yang sering digunakan adalah:

  • CROSS TCA – cairan asam kuat dioleskan pada bekas jerawat berbentuk ice pick. Skar akan rusak, yang diikuti oleh pembentukan kulit baru.
  • Subsisi – jaringan ikat di bawah skar akan diputuskan oleh jarum yang dimasukan ke dalam kulit. Setelah diputuskan, skar akan terangkat ke atas menjadi setinggi kulit normal.
  • Microneedling atau dermaroller – permukaan skar yang tidak rata akan dirusak oleh jarum-jarum kecil. Skar akan rusak, yang diikuti oleh pembentukan kulit baru.
  • Dermabrasi – skar akan dikikis oleh alat dermabrader yang berputar dengan kecepatan tinggi. Ujung dermabrader terbuat dari berlian yang sangat kasar. Kulit akan terkelupas, demikian pula dengan skar nya, yang akan diikuti oleh pembentukan kulit baru.

Ayo segera konsultasikan bekas jerawat Anda…karena wajah mulus adalah hak setiap orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s