Tetap gunakan sunscreen walau di rumah aja

Memasuki minggu ke 8 di rumah aja, masih rajin melakukan perawatan wajah gak?

Gak boleh males ya… sabun cuci muka, toner, krim pagi, krim malam, bahkan sunscreen harus tetap digunakan. Supaya nanti waktunya kita bisa keluar rumah, wajah kita tetap kinclong dan terawat.

Mengapa sunscreen harus tetap digunakan walaupun di rumah aja?

Karena proses aging akibat cahaya dapat disebabkan oleh sinar radiasi matahari, sinar tampak, atau sinar buatan dari televisi/ gadget. Justru di rumah aja, pajanan sinar buatan besar sekali bukan.

Belum lagi kalau di rumah rajin memasak dan memanggang kue. Panas masakan/ oven juga dapat mempercepat proses penuaan.

Jadi walau di rumah aja harus tetap rajin melakukan perawatan wajah, termasuk menggunakan sunscreen.

Jangan lupa memakai hand cream setelah mencuci tangan!

Di era korona ini, frekuensi mencuci tangan dengan sabun cuci tangan/ hand sanitizer meningkat
Semakin sering mencuci tangan, semakin kita harus sering menggunakan pelembab tangan

Teman, di era korona ini, kita dianjurkan untuk rajin mencuci tangan dengan air mengalir + sabun atau dengan hand sanitizer/ aseptic gel sesering mungkin. Namun perlu diingat bahwa kontak yang terlalu sering dengan dengan cairan alkohol/ desinfektan, bisa merusak keutuhan kulit, lalu menyebabkan kulit menjadi kering, rusak, dan gatal-gatal (disebut dengan dermatitis kontak iritan atau hand dermatitis). Saya sudah banyak terima pasien dengan keluhan diatas. Bagaimana solusinya? Selain bawa hand sanitizer di tas, bawa juga hand cream…jadi tiap kali selesai mencuci tangan, langsung timpa pelembab. Jangan lupa mencuci tangan dengan air dan sabun lebih bersahabat untuk kulit, daripada dengan hand sanitizer. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ulthera memberikan bukti nyata, bukan janji semata

Ini foto sebelum (kiri) dan segera sesudah (kanan) Ulthera. Perhatikan jawline (garis rahang) yang sudah mengencang. Hasil akan lebih maksimal dalam 1 minggu.

Ada 1 pasien saya rutin Ulthera setiap 6 bulan sekali, dia laki-laki usia paruh baya. Tidak ada treatment peremajaan lain yang dia lakukan di area pipi dan dagu – hanya Ulthera. Hasilnya baguuusss sekali. Pipinya yang kendur, kembali ‘membulat’ dan terlihat berisi, tentunya wajah terlihat menjadi lebih segar dan awet muda.

Ia adalah bukti nyata bahwa Ulthera itu bagus sekali untuk mengencangkan kulit. Apalagi untuk pasien yang super sibuk, gak punya waktu untuk perawatan. Tindakannya pun cepat dan tanpa downtime. Pasien bisa langsung beraktivitas kembali tanpa merah-merah atau memar kebiruan di wajah.

Untuk info lebih lanjut, bisa baca link ini : klik disini. Ini adalah website keluarga saya http://www.dokterdjuanda.com.

Laser rejuvenation : apa sih sebenarnya??

Zaman sekarang, kita sering kali mendengar istilah laser. Mulai dari laser untuk tembak-tembakan macam di film Starwars, laser pointer, sampai laser untuk perawatan wajah.

Jadi apakah laser itu?

Laser adalah singkatan dari light amplification by the stimulated emission of radiation. Laser memperkuat cahaya. Laser dapat mengambil berkas cahaya yang lemah dan membuatnya menjadi berkas yang kuat. Laser ini memiliki sifat monokromatik – hanya memancarkan 1 gelombang/ warna, yang membuatnya sangat spesifik. Sinar laser pun dapat diarahkan hanya ke 1 titik dan tidak berpendar/ terpencar (lihat laser pointer). Oleh karena itulah teknologi laser ini sangat istimewa dan dapat digunakan untuk berbagai fungsi.

Jenis laser apakah yang digunakan untuk perawatan wajah?

Banyak sekali jenis laser yang digunakan untuk perawatan wajah, semua tergantung dari panjang gelombang yang dimiliki laser tersebut. Semakin jauh panjang gelombang, sinar laser dapat masuk lebih jauh ke dalam kulit. Jadi sebelum melakukan perawatan kulit dengan laser, harus rajin bertanya dan memastikan apakah laser tersebut cocok dengan keluhan Anda.

Misalnya target untuk mengobati eksim, cukup dengan laser gelombang pendek 308 nm. Untuk peremajaan kulit, perlu laser panjang gelombang 1064 nm. Sedangkan target untuk menghilangkan kerutan dalam (dermis), memerlukan laser dengan panjang gelombang yang lebih panjang lagi.

Laser yang sering digunakan untuk perawatan wajah atau rejuveasi adalah LASER ND-YAG 1064 nm.

Apakah rejuvenasi itu?

Rejuvenasi adalah proses peremajaan, bisa dilakukan dari dalam atau luar tubuh. Contoh rejuvenasi dalam tubuh adalah menjalankan pola hidup sehat, konsumsi vitamin dan antioksidan yang cukup. Sedangkan rejuvenasi dari luar tubuh misalnya tindakan penggunaan krim malam, peeling kimiawi, dan laser rejuvenasi.

Bagaimanakah sinar laser bekerja membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat?

Sinar laser yang ditembakkan ke kulit, akan “merusak” kulit secara elegan dan terkontrol. Bila ada kerusakan, otomatis kulit akan langsung melakukan proses penyembuhan luka (repair), yang akan mengakibatkan terbentuknya kulit baru (pembentukan kolagen baru). Terbentuknya kulit baru ini tentunya membuat kulit kita menjadi tampak lebih segar dan lebih muda.

Bila efeknya sebagus itu, apakah terapi laser rejuvenasi boleh dilakukan setiap hari?

Terapi sinar laser tidak boleh dilakukan setiap hari karena proses penyembuhan luka berlangsung bertahap sampai kira-kira 1 minggu setelah pengerjaan. Oleh karena itu hasil “glowing” di kulit wajah pasien akan semakin bagus dalam 1 minggu.

Sinar laser ini juga dapat menghancurkan pigmen melanin. Bila dilakukan secara rutin, dalam rentang waktu yang tepat, dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan flek. Namun bila terlalu sering dilakukan, malah bisa menghancurkan pigmen terlalu banyak yang berakibat pada munculnya bercak-bercak putih di wajah.

Jadi seberapa sering sebaiknya kita melakukan laser rejuvenasi?

Paling baik dilakukan dengan rentang waktu 1 bulan.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan prosedur laser rejuvenasi?

Berkisar antara 10-20 menit.

Apakah ada pengolesan krim kebal?

Prosedur ini tidak sakit, hanya ada rasa “cekit-cekit” dan agak hangat saat pengerjaan. Oleh karena itu krim kebal tidak dioleskan secara rutin. Krim kebal hanya digunakan untuk individu tertentu yang sangat tidak tahan sakit.

Kulit saya sangat sensitif. Apakah bias menjalani prosedur laser rejuvenasi?

Kadar sensitivitas setiap individu berbeda. Ada yang sensitif terhadap krim kebal, ada yang sensitif terhadap panas. Kemampuan menahan sakit setiap individu juga berbeda-beda. Jadi sebaiknya dicoba dulu. Biasanya dokter akan mulai dari parameter yang tidak terlalu kuat. Perlahan-lahan dapat ditingkatkan sesuai dengan kenyamanan pasien.

Apakah laser rejuvenasi ini sama dengan IPL?

Berbeda. IPL menggunakan cahaya biasa yang diperkuat, sedangkan laser menggunakan energi cahaya yang memiliki karakteristik khusus seperti dibahas di awal. Fungsinya mirip, hanya berbeda teknologi dan kedalaman penetrasi sinar. IPL juga sangat bervariasi kegunaannya, sebaiknya ditanyakan dulu apa fungsi dari IPL tersebut.

Mengapa harga terapi laser sangat mahal dibanding prosedur lain?

Ya karena teknologinya itu. Sinar laser kan sangat “tepat sasaran” karena sangat spesifik, monokromatik, dan tidak berpendar.

Pigmen melanin yang dihancurkan oleh sinar laser, akan hancur perlahan-lahan dan diserap oleh tubuh. Proses ini berlangsung terus, sedikit demi sedikit, selama 4-6 minggu. Karena itu terapi laser tidak boleh dilakukan terlalu sering.

Setelah tindakan, efek glowing akan segera terlihat dan semakin bagus dalam 1 minggu ke depan.

Apa efek samping dari terapi laser rejuvenasi?

Efek samping berupa rasa tidak nyaman saat pengerjaan dan kemerahan setelah pengerjaan. Kemerahan biasanya berlangsung hanya beberapa jam.

Apakah ada tindakan khusus yang harus dilakukan setelah laser rejuvenasi?

Biasanya pasien akan disarankan untuk menggunakan sunblock dan menghindari sinar matahari selama paling sedikit 1 minggu. Karena kulit akan menjadi agak sensitif dan perih bila terkena panas. Gak hanya dari matahari, kadang wajah jadi perih bila masuk ke dalam ruang sauna.

Apakah hasil yang didapat dengan melakukan prosedur laser rejuvenasi?

Setelah tindakan, efek glowing akan segera terlihat dan semakin bagus dalam 1 minggu ke depan. Efek jangka panjang – dengan terapi laser rutin – adalah kulit yang lebih kencang, lebih kenyal, warna kulit terlihat lebih merata, flek berkurang, dan pori-pori akan mengecil.

Liburan ke Raja Ampat tanpa kena sunburn

Saya mau liburan ke pantai, gimana caranya supaya gak kena sunburn? Karena katanya kulit yang perawatan lebih tipis dan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Gunakan sunblock, topi lebar dan kacamata hitam

Pertanyaan di atas sering sekali dilontarkan oleh para pasien yang melakukan perawatan wajah. Ya masa iya pasien yang merawat wajah, gak boleh menikmati aktivitas outdoor seperti pantai, snorkling, panjat gunung? Ya boleh dong… cuma memang ada cara khusus untuk tetap enjoy namun tidak ‘menggagalkan’ perawatan yang telah dilakukan.

Jangan salah loh… tanda-tanda penuaan seperti flek dan kutil-kutil coklat (keratosis seboroik) itu merupakan proses tahunan yang tersembunyi di bawah kulit. Suatu kali kulit terkena sinar matahari yang sangat terik, abrakadabraa!!!! Langsung muncul ke permukaan kulit. Jadi gak salah kalau pasien merasa flek muncul setelah balik dari liburan dan munculnya mendadak. Sebenernya gak mendadak sih, cuma menunggu waktu yang tepat untuk muncul ke permukaan. Dan biasanya memang dipicu oleh sinar matahari yang sangat kuat.

Jadi gimana dong pencegahannya supaya bisa enjoy aktivitas outdoor?

Setiap dokter memiliki trik yang berbeda. Kalau trik saya untuk persiapan ke Raja Ampat 4H3M kemarin adalah:

  • Hentikan penggunaan krim malam selama 1 minggu sebelum berangkat
  • Krim yang bersifat melembabkan, tanpa pengelupasan masih boleh digunakan
  • Saat tiap di Raja Ampat, oleskan sunblock sesering mungkin. Seringnya bener-bener sering. Pesawat mendarat, oles. Pindah ke mobil, lalu masuk ke dalam kapal, tiba di pulau tujuan, oles sebelum keluar kapal. Manjat gunung, balik ke kapal, tiba di pulau berikutnya, oles. Tiba di hotel masih ada matahari, oles lagi.
  • Gunakan proteksi fisik seperti baju lengan panjang, celana panjang, topi lebar dan kacamata hitam.

Tetap bisa menikmati keindahan PASIR TIMBUL di bawah terik matahari

Bagaimana pemilihan sunblock yang tepat untuk aktivitas outdoor?

  • Sunblock wajah khusus untuk wajah, sunblock badan khusus untuk badan. Pemilihan ini murni karena faktor efisiensi saja. Kalau sunblock wajah biasanya kemasan kecil yang akan cepat habis kalau dioles di badan.
  • Water proof akan lebih baik daripada yang tidak water proof. Namun sebenernya sama saja karen tetap harus dioles berulang kali. Penggunaan water proof paling gak bisa mengurangi krim melelehblalu menetes masuk ke mata.
  • SPF berapa? Berapapun SPFnya tetap harus dioles ulang loh ya. SPF 50 menurut saya sudah cukup.

Menikmati indahnya Indonesia dari puncak Piaynemo

Kalau sunblock dioles ulang terus, apakah bisa menyebabkan jerawatan?

Ya bisa. Apalagi kalau merk sunblock baru pernah dipakai 1x itu. Ya gak apa-apa kalau muncul jerawat karena jerawat satu dua buah lebih mudah diobati daripada flek.

Ideal kalau memakai sunblock yang selama ini sudah sering digunakan, jadi yakin benar tidak menyebabkan jerawatan. Oya bawa obat jerawat untuk jaga-jaga juga boleh.

Manjat tebing super tertutup mulai dari ujung kepala, ujung tangan sampai ujung kaki (takut lecet/ kegigit serangga)

Apakah sebelum pengolesan ulang sunblock, wajah harus dibersihkan?

Sebaiknya ya. Bawalah tisu basah khusus membersihkan muka atau tisu basah bayi non alhokol untuk membersihkan wajah.

Apakah perlu mengoleskan after sun lotion atau aloe vera gel di penghujung hari?

Ya boleh saja. Itu sifatnya untuk meredakan radang.

Bisa menikmati berenang dengan ikan hiu

Setelah balik dari liburan, kapan boleh mulai mengoleskan krim malam lagi?

Bila kulit baik-baik saja – hanya menggelap, tanpa ada kemerahan, nyeri, gatal, bersisik – krim malam boleh langsung digunakan. Bila terdapat tanda-tanda sunburn, segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit Anda.

Snorkling juga siapa takut??

Jadi…siapa bilang yang perawatan wajah gak bisa menikmati aktivitas outdoor?

Buat yang berminat untuk ke Raja Ampat, kemarin saya pakai jasa Samasta Tour & Travel yang sangat memuaskan.

Tangan bersisik gatal yang kambuh-kambuhan : mungkin anda terkena eksim

Keluhan telapak tangan bersisik, gatal, muncul biji-biji berisi air yang gatalnya gak karuan… ini adalah salah satu keluhan yang sering dialami pasien. Biasanya pasien sudah shopping doctor alias sudah berobat ke beberapa dokter karena sembuh, lalu kambuh, sembuh, lalu kambuh lagi.

Sebenernya ini penyakit apa sih?

Sebagian besar keluhan seperti ini adalah bagian dari eksim akibat kontak (dermatitis kontak).

Apa itu dermatitis kontak?

Keluhan kulit gatal dan meradang yang kambuh-kambuhan, dicetuskan oleh suatu bahan yang bersentuhan/ berkontak dengan kulit.

Apa penyebab dermatitis kontak?

Penyebab dermatitis kontak sangat bervariasi, namun bisa dibagi menjadi 2 bagian besar: penyebab kuat atau penyebab lemah.

Penyebab kuat biasanya mudah ditemukan sehingga cenderung mudah dihindari dan tidak kambuh-kambuhan. Contohnya adalah dermatitis kontak akibat alergi karet jam tangan. Eksim yang muncul akan persis di lokasi karet jam tangan bersentuhan dengan kulit. Demikian juga dengan dermatitis kontak akibat alergi sepatu kulit. Eksim yang muncul akan sesuai dengan bentuk sepatu kulit tersebut.

Sedangkan penyebab lemah biasanya sulit ditemukan, sehingga sulit dihindari dan bersifat kambuh-kambuhan. Contohnya adalah dermatitis kontak akibat cat warna uang yang dialami oleh teller bank. Atau dermatitis kontak akibat tisu basah merk tertentu yang dialami oleh seorang ibu yang baru melahirkan.

Mengapa dermatitis kontak akibat penyebab lemah sulit diobati?

Sebenarnya tidak sulit untuk diobati. Dokter bisa memberikan obat minum dan oles yang akan menyembuhkan eksim dalam maksimal 7 hari. Namun bila penyebabnya belum disingkirkan, penyakit mudah muncul lagi.

Tantangannya adalah penyebab lemah ini terdapat dalam produk yang digunakan sehari-hari oleh individu tersebut. Dan karena sifatnya mengiritasi lemah, jadi kulit harus berkontak berkali-kali dulu, baru menimbulkan reaksi. Oleh karena itu sulit menemukan penyebabnya.

Apakah penyebab lemah selalu ditemukan di tempat kerja?

Tidak selalu, namun sering merupakan bagian dari penyakit akibat kerja.

Apakah dapat disembuhkan secara total?

Prinsip utama pengobatan dermatitis kontak adalah penghindaran bahan penyebab. Setelah diketemukan penyebabnya dan dihindari, penyakit dapat dikendalikan.

Waspada sunburn bila berpergian ke luar negeri

Mau holiday ke gunung salju di Jepang? Atau ke universal studio Singapur? Atau legoland Dubai? Atau ke pantai di Australia?

Walau ada salju, matahari bersinar sangat terik. Jauh lebih terik daripada di pantai.

Jangan lupa sunblock dibawa dan dipakai ya. Karena biasanya kalau liburan di luar negeri banyak jalan kaki, jadi eksposure ke matahari lebih banyak, jadi risiko sunburn juga meningkat.

Sunblock tetap dibawa walau ke negara winter dan ke gunung salju?

Ya sudah wajib hukumnya. Karena makin jauh dari permukaan laut, sinar uv justru jadi jauh lebih kuat, risiko sunburn dan kerusakan mata akibat matahari juga meningkat.

Nah…gak cuma liburan ke pantai doang kan yang perlu oles sunblock rutin…

Sunblock untuk anak yang dapat dibeli di minimarket

Bagaimana memilih sunblock yang baik?

  • Sunblock badan khusus badan, sunblock wajah khusus badan, sunblock anak ada khusus untuk anak sendiri
  • Untuk sunblock wajah tidak menyebabkan muncul komedo, bruntusan, atau rasa gatal
  • Cocok dengan warna kulit

Bagaimana cara mengoleskan sunblock?

  • Dioleskan di pagi hari setelah cuci muka
  • Bila kadar UV atau matahari sangat menyengat, lakukan pengolesan ulang sunblock setiap 3 jam
  • Gunakan perlindungan tambahan seperti topi, kacamata hitam dan payung