Laser rejuvenation : apa sih sebenarnya??

Zaman sekarang, kita sering kali mendengar istilah laser. Mulai dari laser untuk tembak-tembakan macam di film Starwars, laser pointer, sampai laser untuk perawatan wajah.

Jadi apakah laser itu?

Laser adalah singkatan dari light amplification by the stimulated emission of radiation. Laser memperkuat cahaya. Laser dapat mengambil berkas cahaya yang lemah dan membuatnya menjadi berkas yang kuat. Laser ini memiliki sifat monokromatik – hanya memancarkan 1 gelombang/ warna, yang membuatnya sangat spesifik. Sinar laser pun dapat diarahkan hanya ke 1 titik dan tidak berpendar/ terpencar (lihat laser pointer). Oleh karena itulah teknologi laser ini sangat istimewa dan dapat digunakan untuk berbagai fungsi.

Jenis laser apakah yang digunakan untuk perawatan wajah?

Banyak sekali jenis laser yang digunakan untuk perawatan wajah, semua tergantung dari panjang gelombang yang dimiliki laser tersebut. Semakin jauh panjang gelombang, sinar laser dapat masuk lebih jauh ke dalam kulit. Jadi sebelum melakukan perawatan kulit dengan laser, harus rajin bertanya dan memastikan apakah laser tersebut cocok dengan keluhan Anda.

Misalnya target untuk mengobati eksim, cukup dengan laser gelombang pendek 308 nm. Untuk peremajaan kulit, perlu laser panjang gelombang 1064 nm. Sedangkan target untuk menghilangkan kerutan dalam (dermis), memerlukan laser dengan panjang gelombang yang lebih panjang lagi.

Laser yang sering digunakan untuk perawatan wajah atau rejuveasi adalah LASER ND-YAG 1064 nm.

Apakah rejuvenasi itu?

Rejuvenasi adalah proses peremajaan, bisa dilakukan dari dalam atau luar tubuh. Contoh rejuvenasi dalam tubuh adalah menjalankan pola hidup sehat, konsumsi vitamin dan antioksidan yang cukup. Sedangkan rejuvenasi dari luar tubuh misalnya tindakan penggunaan krim malam, peeling kimiawi, dan laser rejuvenasi.

Bagaimanakah sinar laser bekerja membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat?

Sinar laser yang ditembakkan ke kulit, akan “merusak” kulit secara elegan dan terkontrol. Bila ada kerusakan, otomatis kulit akan langsung melakukan proses penyembuhan luka (repair), yang akan mengakibatkan terbentuknya kulit baru (pembentukan kolagen baru). Terbentuknya kulit baru ini tentunya membuat kulit kita menjadi tampak lebih segar dan lebih muda.

Bila efeknya sebagus itu, apakah terapi laser rejuvenasi boleh dilakukan setiap hari?

Terapi sinar laser tidak boleh dilakukan setiap hari karena proses penyembuhan luka berlangsung bertahap sampai kira-kira 1 minggu setelah pengerjaan. Oleh karena itu hasil “glowing” di kulit wajah pasien akan semakin bagus dalam 1 minggu.

Sinar laser ini juga dapat menghancurkan pigmen melanin. Bila dilakukan secara rutin, dalam rentang waktu yang tepat, dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan flek. Namun bila terlalu sering dilakukan, malah bisa menghancurkan pigmen terlalu banyak yang berakibat pada munculnya bercak-bercak putih di wajah.

Jadi seberapa sering sebaiknya kita melakukan laser rejuvenasi?

Paling baik dilakukan dengan rentang waktu 1 bulan.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan prosedur laser rejuvenasi?

Berkisar antara 10-20 menit.

Apakah ada pengolesan krim kebal?

Prosedur ini tidak sakit, hanya ada rasa “cekit-cekit” dan agak hangat saat pengerjaan. Oleh karena itu krim kebal tidak dioleskan secara rutin. Krim kebal hanya digunakan untuk individu tertentu yang sangat tidak tahan sakit.

Kulit saya sangat sensitif. Apakah bias menjalani prosedur laser rejuvenasi?

Kadar sensitivitas setiap individu berbeda. Ada yang sensitif terhadap krim kebal, ada yang sensitif terhadap panas. Kemampuan menahan sakit setiap individu juga berbeda-beda. Jadi sebaiknya dicoba dulu. Biasanya dokter akan mulai dari parameter yang tidak terlalu kuat. Perlahan-lahan dapat ditingkatkan sesuai dengan kenyamanan pasien.

Apakah laser rejuvenasi ini sama dengan IPL?

Berbeda. IPL menggunakan cahaya biasa yang diperkuat, sedangkan laser menggunakan energi cahaya yang memiliki karakteristik khusus seperti dibahas di awal. Fungsinya mirip, hanya berbeda teknologi dan kedalaman penetrasi sinar. IPL juga sangat bervariasi kegunaannya, sebaiknya ditanyakan dulu apa fungsi dari IPL tersebut.

Mengapa harga terapi laser sangat mahal dibanding prosedur lain?

Ya karena teknologinya itu. Sinar laser kan sangat “tepat sasaran” karena sangat spesifik, monokromatik, dan tidak berpendar.

Pigmen melanin yang dihancurkan oleh sinar laser, akan hancur perlahan-lahan dan diserap oleh tubuh. Proses ini berlangsung terus, sedikit demi sedikit, selama 4-6 minggu. Karena itu terapi laser tidak boleh dilakukan terlalu sering.

Setelah tindakan, efek glowing akan segera terlihat dan semakin bagus dalam 1 minggu ke depan.

Apa efek samping dari terapi laser rejuvenasi?

Efek samping berupa rasa tidak nyaman saat pengerjaan dan kemerahan setelah pengerjaan. Kemerahan biasanya berlangsung hanya beberapa jam.

Apakah ada tindakan khusus yang harus dilakukan setelah laser rejuvenasi?

Biasanya pasien akan disarankan untuk menggunakan sunblock dan menghindari sinar matahari selama paling sedikit 1 minggu. Karena kulit akan menjadi agak sensitif dan perih bila terkena panas. Gak hanya dari matahari, kadang wajah jadi perih bila masuk ke dalam ruang sauna.

Apakah hasil yang didapat dengan melakukan prosedur laser rejuvenasi?

Setelah tindakan, efek glowing akan segera terlihat dan semakin bagus dalam 1 minggu ke depan. Efek jangka panjang – dengan terapi laser rutin – adalah kulit yang lebih kencang, lebih kenyal, warna kulit terlihat lebih merata, flek berkurang, dan pori-pori akan mengecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s