Operasi kelopak mata atas: sedang populerkah?

Akhir-akhir ini banyak pasien datang dengan keluhan ingin menjalankan operasi bikin lipatan mata atas.

Kok mendadak populer? Atau mungkin karena yang kelihatan hanya mata (wajah tertutup masker), jadi kekurangan-kekurangan di sekitar mata menjadi sangat terlihat.

Prosedur operasinya memakan waktu 60-90 menit untuk 2 mata. Biasanya menghabiskan waktu cukup lama di desain untuk menyamakan persepsi dokter dan pasien. Benang dilepas 1 minggu kemudian.

Repost dari www.dokterdjuanda.com

Tahi lalat di bibir: apakah berbahaya?

Memiliki bercak hitam di bibir terkadang sangat mengganggu.

Apakah berbahaya? Sebagian besar tidak berbahaya, apalagi bila ada sejak lahir. Istilahnya labial melanocytic macule.

Mencurigakan bila muncul di usia dewasa, mengalami perubahan bentuk dan/ warna, tepi tidak rapih, dan membesar secara cepat.

Dihilangkan dengan operasi (bedah pisau), prosedur sangat singkat < 15 menit, ada jahitan yang dilepas 1 minggu kemudian.

Hasilnya sangat memuaskan karena kemampuan recovery mukosa bibir sangat baik.

Sangat terganggu dengan lemak di bawah mata, tapi takut operasi: jadi saya harus bagaimana?

Yessss setuju banget kalau operasi lemak bawah mata itu

MENGERIKAN karena mata gitu… organ yang sangat penting & kan males ya lihat proses pengerjaannya. Deket bola mata banget kan itu.

Harus yakin sama hasilnya, agar hati lebih mantap

Jadi gimana caranya supaya gak takut?

NGACA TERUS aja sampai lelah & kesal sangat dengan jendulan bawah mata. Kayanya kalau udah sungguh amat sangat kesal, niat terkumpul 1000%, apa aja juga dijalani deh.

Apa bener saat tindakan, kita bisa melihat prosesnya?

Oh tentu tidak. Yang “diutak-utik” hanya kelopak mata bawah, bola mata tidak terganggu sama sekali. Justru selama pengerjaan, bola mata akan dilindungi yang meningkatkan keamanan tindakan ini.

Gak usah takut sama prosedur transconjungtival blepharoplasty karena apa?

  • Prosedur singkat, sekitar 30 menit/ mata
  • Tidak ada jahitan
  • Tidak ada skar/ jaringan parut
  • Downtime minimal
  • Langsung bisa beraktivitas
  • Gak bakal ketemu lagi sama di jendolan yang mengganggu

Pasti kamu akan happy sekali dengan hasilnya seperti yang berbahagia di postingan berikut 🙂

Yesss sungguh kebahagiaan itu harus kita usahakan. Jadi buat yang masih takut…kumpulin keberanian yah… Mudah-mudahan cukup 1x tindakan seumur hidup.

Peremajaan kulit punggung tangan

Selain dari kulit wajah, proses penuaan juga sangat jelas terlihat dari kulit punggung tangan. Kulit punggung tangan semakin lama semakin tipis, berkerut/ lecek, sampai pembuluh darah terlihat.

Keadaan ini dapat diperbaiki dengan penyuntikan filler hialuronic acid secara rutin setiap 6-12 bulan. Prosedurnya sederhana: dioles salep kebal 30-60 menit, lalu gel filler disuntikkan menggunakan kanula berujung tumpul (sangat aman!).

Operasi cabut kuku (cantengan)

Paling salut sama individu yang sanggup ‘miara’ cantengan di jempol kaki… begitu dibongkar, kuku yang ngumpet udah tajam setajam pisau. Jadinya pedicure deh di dokter Spesialis Kulit

Beberapa tips supaya gak cantengan:

– Pakai sepatu jangan kesempitan, terutama di bagian jempol kaki

– Gunting kuku jempol kaki harus sampai ujung (gak boleh gunting sebagian, lalu giliran sampai ujung ‘dicabut’)

– Gunting kuku gak boleh kependekan, sisakan 0.5-1 mm

– Pastikan kedua sudut kuku bulat (tidak tajam) itu gunanya kikiran kuku

Perhiasan imitasi: murmer, cantik, namun dapat berbahaya

Lebaran sudah dekat nih, hayooo siapa yang mulai sibuk belanja belanji baru baru, perhiasa baru? Sekarang membeli perhiasan imitasi lagi populer banget, selain karena harganya murah, bentuknya sudah sangat cantik, persis menyerupai emas asli.

Namun jangan lupa namanya juga imitasi, pasti ada kelemahan yang harus kita waspadai… yang paling penting adalah bahaya alergi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak wawancara saya berikut ini dengan INLINE Trans7… selamat menunaikan ibadah puasa ya, sahabat kulit sehat!

Crazy Rich Berkat Perhiasan Imitasi

Mengangkat keloid dengan pembedahan

Keloid adalah proses penyembuhan luka yang terjadi secara berlebihan. Jadi biasanya proses penyembuhan luka berhenti saat kulit kembali ‘normal’. Namun individu dengan bakat keloid, sepertinya tubuh tidak dapat memberikan sinyal kapan harus berhenti bertumbuh, sehingga bekas luka justru semakin besar dan mengganggu.

Keloid hanya dapat muncul pada pasien yang memiliki bakat, jadi sifatnya diturunkan. Namun tidak semua anak dari ortu dengan bakat keloid, akan muncul keloid juga nantinya.

Keloid punya tempat tumbuh favorit, yakni di telinga, dada, bahu, dan area kelamin (pubis). Mengapa demikian tidak ada yang tau.

Beberapa faktor yang merangsang pertumbuhan keloid adalah luka yang dalam, kotor, atau tidak terawat dengan baik. Contohnya adalah luka tusuk, luka tajam, lukas bekas sesar, bekas tindikan anting, bahkan luka bekas jerawat meradang.

Keloid dapat terus bertumbuh atau juga dapat berhenti bertumbuh, sampai saat ini faktor yang mempengaruhi tidak diketahui. Ciri-ciri keloid yang tumbuh/ yang masih aktif adalah memiliki sensasi gatal/ cenat-cenut.

Keloid dapat ditangani dengan pengolesan salep anti keloid, gel anti keloid, penyuntikan kortikosteroid intra lesi (KIL), hingga pembedahan. Terapi pembedahan harus sangat hati-hati karena tindakan bedah (= memunculkan luka baru) dapat memicu tumbuhnya keloid baru. Teknik pembedahan untuk keloid bisa dilakukan namun harus dipantau secara ketat dalam 1 bulan pertama. Bila keloid tumbuh lagi, harus segera dilakukan penyuntikan KIL.

Pin wajah: “memanusiawikan” hubungan dokter-pasien di era pandemi

Juli 2020: 4 bulan melayani pasien dalam keadaan tertutup begini, ada perasaan kurang nyaman yang saya rasakan… ada sesuatu yang menghalangi interaksi antara dokter dengan pasien. Saya tau ini demi keamanan kedua belah pihak… tapi tetap rasanya ada sesuatu yang kurang.

Engap ngomong pakai 2 lapis masker… akhirnya terbiasa juga. Kerja pakai scrubs terus, lama-lama ketagihan juga… Tapi ada 1 hal yang makin kesini makin terasa kurang nyaman.



Oh akhirnya saya menemukan apa yang mengganjal di hati. Perasaan ingin melihat wajah pasien, ingin melihat ekspresi pasien. Dan memang pasien banyak yang memberikan reaksi seakan-akan “I wish I could see you”. Ya memang bisa lihat muka saya di instagram yang memang saya bagikan ke pasien, namun perasaan “manusiawi” nya yang kurang.

Inspirasiku

Lalu saya teringat bahwa saya pernah melihat video dokumentasi tentang Covid di Amerika dan ada 1 petugas medis yang memasang foto dirinya yang sedang tersenyum…

Rupanya adegan itu sangat membekas di hati saya sehingga secara tidak sadar saya membuat proyek #pinWajah ini. Tujuannya adalah agar pasien mengenali wajah dokternya, merasa familiar dengan dokter yang menanganinya.

Jadi… #pinWajah ini bukan tentang sok cantik atau narsis atau buat bagi-bagi kayak kampanye. Tapi apa ya… ya ingin membuat hubungan dokter-pasien jadi lebih seperti hubungan antar manusia. Kalau bisa, saya pengen banget pasien-pasien yang masuk ke ruangan saya juga menempelkan foto dirinya di pakaian mereka. I would love to see their faces.

Desember 2020: pemesanan pin wajah sampai saat ini sudah pemesanan ke 8 loh… terima kasih untuk para peminat pin wajah. Semoga pandemi segera berlalu

Scar wars: 3x terapi dengan hasil yang cukup memuaskan

Harus berapa kali terapi skar agar didapatkan hasil maksimal?

Setiap kasus berbeda dan tingkat kepuasan setiap orang juga berbeda.

Apa metode penghilangan skar terbaik?

Ya gak ada yang terbaik. Semuanya harus dikombinasikan, istilahnya multimodalitas.

Pasien di foto ini diapain aja?

Pertemuan pertama (Nov 2019): subsisi tumpul, subsisi tajam, PRP, microneedling.

Pertemuan kedua (Jan 2020): subsisi tumpul, subsisi tajam, microneedling.

Pertemuan ketiga (Nov 2020): subsisi tajam, microneedling.

Pasien gak di laser/ e matrix?

Sudah pernah dikerjakan sebelum ke saya.

Apakah memang sebaiknya jarak antara treatment skar sejauh-jauh itu?

Balik lagi ke kasus tiap orang ya karena kebutuhannya berbeda. Cuma memang untuk mengatasi skar jerawat sebaiknya jangan terburu-buru. Beri jeda waktu yang cukup untuk kulit melakukan perbaikan/ regenerasi kulit, biasanya 1-6 bulan.