Kulit normal VS kulit kering

Hari Selasa, tanggal 15 Desember 2015 saya diberi kesempatan untuk berbagi informasi seputar kulit kering. Teman-teman media yang hadir tampak sangat antusias karena ternyata banyak hal yang baru mereka ketahui mengenai perawatan kulit.

Gambar berikut menjelaskan mengenai perbedaan antara kulit normal dan kulit kering, serta akibat dari garukan.

normal vs dry skin

Kulit yang sehat adalah kulit yang terjaga kelembabannya. Dengan demikian kulit akan tampak lebih mulus, lebih kenyal, lebih padat, dan tentunya lebih sehat. Berikut tips merawat kulit:

  1. Hindari penggunaan sabun antiseptik karena dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Gunakan sabun lembut/ berpelembab untuk mandi dan mencuci tangan.
  2. Mandi tidak terlalu lama (paling lama 5 menit tanpa keramas, 8 menit dengan keramas) dan gunakan air bersuhu ruangan.
  3. Hindari menggosok kulit terlalu keras saat mandi, apalagi menggunakan scrub atau spons.
  4. Setelah mandi, kulit akan terasa licin yang berarti baik. Setelah dikeringkan, gunakan pelembab terutama pada tangan dan kaki.
  5. Bila selama bekerja kulit dirasa kering, pelembab boleh digunakan lagi.
  6. Hindari terlalu sering membersihkan tangan, apalagi menggunakan alcohol hand rub atau tisu basah. Paling baik dengan air mengalir dan sabun lembut.
  7. Hindari menggaruk kulit bila terasa gatal. Beri tepukan atau usapan ringan, kompres dengan air dingin, atau oleskan pelembab lagi.
Advertisements