Laser untuk menghilangkan flek dan tato

Lelah dengan flek di wajah yang tidak kunjung hilang? Atau menyesal pernah memasang tato? Keduanya dapat dihilangkan atau disamarkan dengan laser.

image

Apa yang dimaksud dengan flek?
Flek adalah bahasa awam untuk bercak-bercak coklat kehitaman di wajah.

Apakah flek termasuk dalam kelainan pigmentasi?
Ya. Flek adalah istilah umum untuk kulit yang menggelap di area wajah.

Apakah yang dimaksud dengan kelainan pigmentasi?
Pigmen adalah zat warna yang bertanggung jawab terhadap warna kulit. Semakin gelap kulit seseorang, semakin banyak pigmen yang ia miliki. Namun pada beberapa kasus, pigmen ini bisa berlebihan pada sebagian tempat sehingga kulit tampak lebih gelap dari sekitarnya.

Apa penyebab kelainan pigmentasi?
Kelainan dapat diperoleh sejak lahir (misalnya tahi lalat besar di sekitar mata = Nevus of Ota), didapat saat remaja (cafe au lait, freckles), atau karena proses penuaan (melasma, lentigo).

Laser apa yang dapat menghilangkan kelainan pigmentasi dan tato?
Laser Q switched Nd-Yag panjang gelombang 532 nm dan 1064 nm.

Apakah segala jenis kelainan pigmentasi dan tato dapat dihilangkan dengan laser?
Semua kelainan pigmentasi yang disebutkan di atas dan tato dapat dihilangkan dengan laser. Laser tidak boleh digunakan untuk menghilangkan bercak coklat yang diduga kanker ganas.

Apakah laser ini akan menghilangkan pigmen di kulit normal?
Sinar ini diatur sedemikian rupa agar menghancurkan pigmen yang berlebih saja. Namun bila digunakan berlebihan, kulit dapat menjadi lebih putih dari kulit normal (hipopigmentasi).

Apakah selama prosedur terasa sakit?
Sinar laser menyentuh kulit hanya dalam waktu singkat, sehingga rasa sakitnya minimal….seperti kejut-kejutan kecil di permukaan kulit. Proses berlangsung selama 5-10 menit. Setelah selesai, kulit akan menjadi kemerahan & terasa tidak nyaman yang akan menghilang dalam 24 jam. Kemerahan dapat menetap lebih lama, namun kulit akan menjadi normal kembali.

Apakah ada perbedaan proses antara flek yang tipis dan yang tebal?
Proses menghilangkan flek yang tebal atau tato lebih sakit daripada flek yang tipis. Kadang dibantu dengan anestesi oles atau suntik. Setelahnya pun kulit akan menjadi putih, mengering dan akan terlepas dalam 3-7 hari.

Bagaimana perawatan setelah laser?
Untuk flek tipis, biasanya tidak ada perawatan khusus. Untuk flek tebal atau tato, biasanya luka ditutup plester dan tidak boleh terkena air selama 3-7 hari. Dokter dapat memberikan salep oles untuk mempercepat penyembuhan luka.

Berapa kali pengobatan dibutuhkan?
Untuk kelainan pigmentasi biasanya sudah tampak perbaikan yang nyata (dapat hilang sampai 80%) dalam 1 kali terapi. Untuk tato diperlukan 3-6 kali terapi. Semua tindakan dilakukan dalam selang waktu 4-6 minggu.

Apakah flek akan muncul kembali?
Ada kemungkinan flek akan muncul lagi dalam beberapa tahun, namun dapat diobati dengan hasil yang sama baik.

Adakah fungsi lain dari laser ini?
Laser ini dapat digunakan untuk meremajakan kulit & membuat kulit menjadi lebih cerah (rejuvenasi). Juga dapat untuk menghilangkan rambut sementara (semipermanent hair removal). Rambut akan menipis, baik jumlah maupun diameternya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s