Konsumen bijak: memilih krim perawatan yang tepat

image

Hari ini saya diundang untuk mengisi acara Lensa Indonesia Siang di stasiun televisi rtv. Topiknya menarik, yakni mengenai bahaya krim wajah murah.

Ada liputan mengenai salah satu pasar ternama di Jakarta yang menjual krim perawatan dengan harga sangat murah, sekitar 10 ribu rupiah. Ada juga kesaksian dari seorang ibu yang memakai krim wajah yang dibeli dari media sosial. Gak terlalu murah juga sih…namun alih-alih wajah mulus, wajah malah jadi kemerahan, perih dan jerawatan. Ibu tersebut memakai krim perawatan sejak hamil dan saat lahir, si bayi menderita penyakit kulit yang diduga akibat pemakaian krim tersebut yang disinyalir mengandung merkuri.

Terdengar mengerikan yaa…. Memang belum pasti wajah jerawatan si ibu dan penyakit kulit si bayi akibat dari krim perawatan yang digunakan. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai konsumen memilih krim secara bijaksana agar tidak menjadi “korban”.

Pilih produk dari sumber terpercaya
Sumber terpercaya misalnya produk dari merk terkenal yang dijual bebas di pasar swalayan (misalnya Wardah, Ponds, dsb). Pasti produk mereka sudah lolos Badan Pengawasan Obat & Makanan (BPOM).

Pastikan ada nomor registrasi BPOM pada kemasan & mencantumkan daftar kandungan obat
Pastikan obat tidak mengandung zat berbahaya seperti merkuri.

Bila membeli krim racikan dokter, tanyakan isi & fungsinya
Pasien memiliki hak untuk mengetahui apa yang ada di dalam krim racikan dokter. Biasanya untuk menanyakan isi, fungsi, dan efek samping obat yang dapat terjadi.

Produk perawatan wajah yang baik tidak selalu harus dari dokter
Konsumen berhak membeli produk perawatan wajah darimanapun. Asal konsumen mendapatkan hasil yang diinginkan (misalnya wajah menjadi lebih cerah), lanjutkan saja. Cuma bila sudah perawatan tapi flek masih muncul, boleh ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih kuat.

Jangan sembarangan menggunakan krim perawatan saat sedang hamil
Bila ingin menggunakan krim perawatan, berkonsultasilah pada dokter kulit Anda. Ada krim yang dapat menyebabkan kelainan pertumbuhan pada janin.

Ada harga, ada kualitas
Rasanya poin yang 1 ini sangat jelas. Jangan sampai beli krim murah, malah jadi sakit dan ujung-ujungnya bayar biaya berobat lebih mahal.

Mengenali krim wajah yang cocok
Caranya mudah: krim apapun yang baru dioleskan ke wajah, coba dulu 1 minggu. Kalau ada reaksi gatal, perih, ngelupas, kemerahan yang berlebihan segera berobat ke dokter. Bisa jadi kulit tidak cocok atau memang merupakan bagian dari reaksi yang diharapkan.

Mengetahui apakah krim mengandung merkuri
Merkuri biasa digunakan sebagai agen pemutih. Ciri khas dari produk ini adalah wajah menjadi putih dalam waktu singkat ( 2 minggu.

Tidak ada sesuatu yang bisa didapat dengan instan
Dalam dunia estetik, suatu produk yang mengaku memberikan hasil instan…memang harus dipertanyakan.

Menjadi cantik itu hak setiap orang, namun harus bijak dalam memilih produk agar tercapai hasil yang diinginkan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s