Eye bag/ kantung mata yang besar: bagaimana cara menghilangkannya??

Kantung mata (eye bag) sering menjadi masalah bagi sebagian besar orang karena mengganggu penampilan. Biasanya keluhan berupa wajah yang terlihat selalu lelah atau mata yang mudah capai. Namun sebenarnya apakah yang mendasari munculnya kantung mata?

Kantong lemak bawah mata yang dapat dibuang dengan operasi

Area bawah mata merupakan struktur yang kompleks. Terdiri atas kulit, otot yang melingkari mata (orbikularis okuli), lemak, dan jaringan penunjang lain. Jadi bila seseorang memiliki keluhan kantung mata, harus diperiksa secara detil apakah yang menjadi penyebab utama munculnya keluhan tersebut, baru dicari penanganan yang tepat.

Memang sangat wajar area sekitar mata menjadi keluhan setiap orang, karena mata adalah jendela hati. Setiap melihat seseorang, yang langsung dilihat adalah matanya dan dari situ langsung tercipta kesan pertama. Makanya ada istilah dari mata turun ke hati.

Otot tebal dibawah mata juga dapat mengganggu penampilan

Berikut beberapa contoh kasus keluhan area di bawah mata beserta penjelasan singkatnya:

  • Kantung mata terlihat gelap dan cekung, murni karena bentuk tulang tengkorak yang dalam (seperti bentuk wajah orang India) – tidak banyak hal yang dapat dilakukan karena memang sudah seperti itu keadaannya. Keluhan ini biasanya dialami sejak usia remaja.
  • Kantung mata terlihat gelap karena kurang tidur – diatasi dengan tidur yang cukup dan kompres dingin.
  • Kantung mata yang berkerut, terlihat kosong dan kendur – bisa diatasi dengan tindakan botox atau filler
  • Kantung mata yang terlihat sangat menonjol persis di garis mata dan semakin nyata bila tersenyum lebar – biasanya ini merupakan variasi normal dari otot orbikularis okuli yang tebal. Tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan.
  • Kantung mata yang terlihat menonjol, lunak, menghilang saat tersenyum lebar – ini merupakan kantung mata yang terdiri dari lemak. Ini dapat dihilangkan dengan tindakan operasi pengangkatan lemak (eye bag removal).
Bawah mata terlihat cekung karena bentuk anatomi wajahnya

Jadi rupanya keluhan di sekitar mata tidak sesederhana itu. Tidak semua dapat diatasi dengan tidur yang cukup, pemakaian krim mata, maupun botox atau filler. Bila Anda memiliki keluhan di sekitar mata, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada profesional medis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s