Pearly penile papules

Seorang pasien laki-laki muda masuk ke dalam ruang praktek dengan wajah cemas. Rupanya dia baru berobat ke dokter dan dikatakan terkena penyakit kutil kelamin. Sempat dilakukan tindakan pembuangan kutil dengan laser, namun pasien kesakitan dan minta berhenti. Pasien datang ke saya untuk meminta pendapat.

Setelah pemeriksaan dilakukan, ternyata pasien tidak menderita penyakit kelamin. Itu adalah pearly penile papules (PPP) atau papula penis mutiara. Tampak tonjolan-tonjolan kecil serwarna kulit yang mengelilingi leher penis seperti gambar berikut (gambar diambil dari wikipedia).

image

Apakah sebenarnya PPP?
PPP adalah tumor jinak yang biasanya tumbuh mengelilingi leher penis (sulkus koronarius). Berupa tonjolan-tonjolan kecil yang tersusun rapi dan melingkar menyerupai kalung mutiara. Warna menyerupai kulit atau kadang terlihat putih.

Apakah berbahaya?
PPP tidak berbahaya.

Mengapa disalahartikan sebagai penyakit kelamin?
Memang ada beberapa penyakit kelamin yang menyerupai PPP, yakni kutil kelamin (kondiloma akuminata) dan moluskum kontagiosum.

Bagaimana membedakan PPP dengan kedua penyakit kelamin tersebut?
– Penyakit kelamin ditemukan pada individu yang pernah melakukan hubungan seks, apalagi yang berisiko tinggi, misalnya suka gonta-ganti pasangan atau penjaja seks. PPP tidak berhubungan dengan aktivitas seksual.
– Penyakit kelamin ditemukan pada individu yang pernah melakukan hubungan seks, biasanya mulai remaja/ dewasa muda. Sedangkan PPP dapat ditemukan sejak masa kanak-kanak.
– Penyakit kelamin bisa mengenai area kelamin lain dan tersusun acak. Sedangkan PPP melingkari leher penis dan tersusun rapi.

PPP saya baru muncul di usia 30an, persis setelah saya sudah pernah melakukan hubungan seks.
Biasanya PPP sudah ada sejak masa kanak-kanak, namun baru disadari saat usia remaja/ dewasa muda karena memang tonjolan itu membesar perlahan.

Apa penyebab dari PPP?
Belum diketahui secara pasti. Namun karena lebih sering ditemukan pada penis yang belum disirkumsisi (sunat), diduga PPP terbentuk dari smegma (cairan pelumas penis) yang mengeras.

Apakah perlu diobati?
Sebenarnya karena PPP merupakan variasi normal dari penis dan tidak berbahaya, PPP tidak perlu diobati. Biasanya juga akan menghilang seiring dengan meningkatnya usia.

Namun saya merasa sangat terganggu. Dapatkah dihilangkan?
Bisa dihilangkan dengan tindakan bedah laser/ bedah listrik. Namun perlu diingat bahwa leher penis merupakan area yang sangat sensitif sehingga rasa sakit masih mungkin dirasakan saat obat anestesi disuntikan, selama dan setelah pengerjaan. Daerah penis kaya dengan pembuluh darah, sehingga dapat terjadi perdarahan yang cukup banyak.

Jadi tindakan apa yang dapat dilakukan untuk mencegah/ mengurangi munculnya benjolan?
Bersihkan penis setiap kali mandi, terutama bagian dalam penis yang tertutup kulit (bagi yang belum disunat). Tindakan sirkumsisi/ sunat juga dapat membantu.

Advertisements

5 thoughts on “Pearly penile papules

  1. Pingback: Peningkatan Wawasan terhadap Infeksi Menular Seksual | Rahasia Kulit Anda

  2. Dok tolong saya, saya seorang perempuan dan mengidap PPP persis seperti digambar yang saya lihat, apakah setelah tindakan bedah listrik bisa hilang dan sembuh total? Saya merasa sangat terganggu, krn sangat gatal dan sering kambuh, kadang ada rasa seperti terbakar, kadang juga saya merasa miss v saya menjadi sangat rapat dan kadang membengkak. Terimakasih atas waktu dan jawabannya.

    Like

  3. dok saya mau bertanya tentang penyakit saya yg sepertinya mirip seperti yg ada pada gambar , namun bedanya kalau bintik2 yg saya derita sangat kecil dan tidak bisa jelas terlihat dengan mata , sampai saya harus melihatnya dengan senter , apakah penyakit yg diderita saya sama dengan apa yg dokter jelaskan diatas ? bagaimana cara mengobatinya , apakah harus dengan bedah listrik ? saya baru berumur 13 thn

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s